Sunday, September 23, 2018

Retorika Abad Pertengahan.


  -------------------------------------------

(18+) ane mau share video panas terbaru klik DISINI tunggu 5 detik terus klik skip add alamat menonton.

---------------------------------------------------

Sejak zaman Yunani sampai zaman Romawi, retorika selalu berkaitan dengan kenegarawanan. Para orator umumnya terlibat dalam kegiatan politik. Ada dua cara dalam memenangkan politik; talk itu out ( membicarakan sampai tuntas) atau shoot itu out ( menembak sampai habis). Retorika subur pada cara pertama, cara demokrasi. Ketika demokrasi Romawi mengalami kemunduran. Retorika tersingkir ke belakang panggung. Para kaisar tidak senang dengan orang yang pandai bicara.

Abad pertengahan sering disebut abad kegelapan, juga buat retorika, ketika agama Kristen berkuasa, retorika dianggap sebagai kesenian jahiliah. Banyak orang Kristen waktu itu melarang mempelajari retorika yang dirumuskan oleh orang - orang Yunani dan Romawi, para penyembah berhala. St. Agustinus, yang telah mempelajari retorika sebelum masuk Kristen tahun 386, adalah pengecualian pada zaman itu.

Satu abad kemudian, di timur muncul peradaban baru. Seorang nabi menyampaikan firman Tuhan," Berilah mereka nasehat dan berbicaralah Kepada mereka dengan pembicaraan yang menyentuh jiwa mereka"(Al-Qur'an 4:63). Muhammad Saw bersabda, memperteguh firman tuhan ini," sesungguhnya dalam kemampuan berbicara yang baik itu ada sihirnya".

Ia sendiri seorang pembicara yang fasih- dengan kata - kata singkat yang mengandung makna padat. Para sahabatnya bercerita bahwa ucapannya sering menyebabkan pendengar terguncang hatinya dan berlinang air mata. Tetapi ia tidak hanya menyentuh hati, ia juga mengimbau akal pendengarnya. Ada ulama yang mengumpulkan khusus pidatonya dan menamainya madinat al-Balaqah (kota balaqah) .

Balaqah menjadi disiplin ilmu yang menduduki status yang mulia dalam peradaban Islam. Kaum muslim menggunakan balaqah sebagai pengganti retorika. Tetapi warisan retorika Yunani, yang dicampakkan di Eropa abad pertengahan, dikaji dengan tekun oleh ahli balaghah. Sayang, Sangat kurang sekali studi berkenaan dengan kontribusi balaghah pada retorika modern.

  -------------------------------------------

(18+) ane mau share video panas terbaru klik DISINI tunggu 5 detik terus klik skip add alamat menonton.

---------------------------------------------------

----

No comments:

Post a Comment