Sunday, September 23, 2018

Retorika Zaman Romawi


  -------------------------------------------

(18+) ane mau share video panas terbaru klik DISINI tunggu 5 detik terus klik skip add alamat menonton.

---------------------------------------------------

Teori retorika Aristoteles sangat sistematis dan komprehensif. Namun, pada sisi lain, uraiannya 081342757651 lengkap dan persuasif telah membungkam para ahli retorika yang datang setelahnya. Orang-orang Romawi selama dua ratus tahun setelah de Arte Rhetorica tidak menambahkan apa apa yang berarti bagi perkembangan retorika.

Kekaisaran Romawi bukan saja subur dengan sekolah-sekolah retorika; tetapi juga kaya dengan orator-orator ulung: Antonius,Crassus,Rufus,Hortensius. Yang disebutkan terakhir terkenal begitu piawai dalam berpidato sehingga para artis berusaha mempelajari gerakan dan cara penyampaiannya.

Kemampuan Hortensius disempurnakan oleh Cicero. Ia muncul sebagai negarawan dan cendekiawan. Dalam teori, ia tidak banyak menampilkan penemuan baru. Ia banyak mengambil gagasan dari Isocrates. Ia percaya bahwa efek pidato akan baik, bila yang berpidato adalah orang yang baik pula. The good man speak well.

Caesar, penguasa Romawi yang ditakuti, memuji Cicero, " anda telah menemukan semua khazanah retorika, dan andalah orang pertama yang menggunakan semuanya. Anda telah memperoleh kemenangan yang lebih disukai dari kemenangan para jenderal. Karena sesungguhnya lebih agung memperluas batas - batas kecerdasan manusia daripada memperluas batas - batas kerajaan Romawi." Kira - kira 57 buah pidato Cicero sampai kepada kita sekarang ini. Will Durant menyimpulkan kepada kita gaya pidatonya:

Pidatonya mempunyai kelebihan dalam menyajikan secara bergelora satu sisi masalah atau karakter; dalam menghibur khalayak dengan humor dan anekdot; dalam menyentuh kebanggaan,prasangka, perasaan, patriotisme dan kesalehan; dalam mengungkapkan secara keras kelemahan lawan yang sebenarnya atau yang diberitakan, yang tersembunyi atau yang terbuka; dalam mengalihkan perhatian seca......

Dari tulisan-tulisannya yang sampai sekarang masih bisa dibaca, kita mengetahui bahwa Cicero sangat terampil dalam menyederhanakan pembicaraan yang sulit. Bahasa latin nya mudah dibaca. Melalui penanya, bahasa mengalir dengan deras tetapi indah.

Puluhan tahun sepeninggal Cicero, Quintillianus mendirikan sekolah retorika. Ia sangat mengagumi Cicero dan berusaha merumuskan teori teori retorika dari pidato dan tulisannya. Apa yang dapat kita pelajari dari Quintillianus? Banyak.

  -------------------------------------------

(18+) ane mau share video panas terbaru klik DISINI tunggu 5 detik terus klik skip add alamat menonton.

---------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment