Saturday, September 22, 2018

Sejarah Perkembangan Retorika


  -------------------------------------------

(18+) ane mau share video panas terbaru klik DISINI tunggu 5 detik terus klik skip add alamat menonton.

---------------------------------------------------

Objek studi retorika setua kehidupan manusia. Kefasihan bicara mungkin pertama kali dipertunjukkan dalam upacara adat, kelahiran, kematian, lamaran, perkawinan dan sebagainya. Pidato disampaikan oleh orang yang mempunyai status tinggi. Dalam perkembangan, pidato melingkupi bidang yang lebih luas.karena sesekali catatan peristiwa penting yang dramatis, seringkali disebabkan oleh pidato pidato besar. Sejak Yunani dan Roma sampai zaman kita sekarang, kepandaian pidato dan kenegarawanan selalu berkaitan. Banyak jago pedang juga terkenal dengan kefasihan bicaranya yang menawan.

Uraian sistematis retorika yang pertama diletakkan oleh orang Syracuse, sebuah koloni Yunani di pulau Sicilia. Bertahun-tahun koloni itu diperintah para tiran. Tiran, di manapun dan pada zaman apa pun, senang menggusur tanah rakyat. Kira-kira tahun 465 SM, rakyat melancarkan revolusi. Diktator dan demokrasi ditegakkan.

Disinilah, untuk mengambil haknya pemilik tanah harus sanggup meyakinkan dewan juri di pengadilan. Waktu itu, tidak ada pengacara dan tidak ada sertifikat tanah. Setiap orang harus meyakinkan mahkamah dengan pembicaraan saja.

Untuk membantu orang memenangkan haknya di pengadilan, Corax menulis makalah retorika, yang diberi nama techne logon (seni kata - kata). Walaupun makalah ini sudah tidak ada, dari para penulis sezaman kita mengetahui bahwa dalam makalah itu berbicara tentang "teknik kemungkinan".  Bila kita tidak dapat memastikan sesuatu, mulailah dari kemungkinan umum. Seorang kaya mencuri dan dituntut di pengadilan untuk pertama kalinya. Dengan teknik kemungkinan, kita bertanya,"mungkinkah seorang yang berkecukupan mengorbankan kehormatannya dengan mencuri? Bukankah, sepanjang hidupnya, ia tidak pernah diajukan ke pengadilan karena mencuri". Sekarang, seorang miskin mencuri dan pernah dihukum, kita bertanya " ia pernah mencuri dan pernah dihukum, mana mungkin ia berani melakukan hal yang sama". Akhirnya retorika memang mirip " ilmu silat lidah".

Disamping teknik kemungkinan, Corax meletakkan dasar - dasar organisasi pesan. Ia membagi pidato menjadi lima bagian : pembukaan, uraian, argumen, penjelasan tambahan dan kesimpulan. Dari sini ahli retorika mengembangkan organisasi pidato. Walaupun demokrasi gaya Syracuse tidak bertahan lama, ajaran Corax tetap berpengaruh.

Masih di pulau Sicilia, tapi di agrigentum, hidup empedocles (490-439 SM), filosof, mistikus, politisi, dan sekaligus orator.ia cerdas dan menguasai banyak pengetahuan. Berkat kaum Sophia, abad keempat sebelum Masehi adalah abad retorika. Jago - jago pidato muncul di pesta olimpiade di gedung perwakilan dan pengadilan. Bila mereka bertanding, orang orang Athena dari tempat-tempat jauh dan menikmati "adu pidato" seperti menikmati pertandingan tinju. Saya akan menyebutkan dua tokoh sebagai contoh : Demosthenes dan Isocrates.

  -------------------------------------------

(18+) ane mau share video panas terbaru klik DISINI tunggu 5 detik terus klik skip add alamat menonton.

---------------------------------------------------

---------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment