Tuesday, October 9, 2018

Tana Toa Sebagai Wilayah Adat


  -------------------------------------------
(18+) ane mau share video panas terbaru klik DISINI tunggu 5 detik terus klik skip add alamat menonton.
---------------------------------------------------
Tanah Toa Sebagai Wilayah Adat.
Secara administratif Desa Tanah Toa berada dalam wilayah kecamatan kacang, salah satu kecamatan dari sembilan kecamatan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Kecamatan kajang memiliki luas wilayah 126, 17 km" terpilah kedalam satu kelurahan, 4 desa dan 4 desa persiapan. Empat desa persiapan ( Bonto Biraeng, Lembang, Battunilamung, dan Mattoanging), karena pertimbangan luas wilayah dan upaya pemerintah daerah meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya secara meluas di kecamatan Kajang, merupakan pemekaran dari ke-4 desa lama yaitu lembanna, Tambangan, Tana Toa, dan Possi Tana.
Kelurahan Tana Jaya, satu-satunya kelurahan di kecamatan Kajang menjadi ibukota kecamatan.
Kecamatan kajang disebut Bulukumba Timur oleh masyarakat kajang dan Herlang ( kecamatan yang bertetangga dengan kecamatan Kajang) lantaran letaknya berada diujung timur kabupaten Bulukumba , dengan batas wilayah:
1. Di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Dari II Sinjai.
2. Di sebelah timur dibatasi oleh Teluk Bone.
3. Di sebelah Barat berbatasan dengan kecamatan Bulukumba.
4. Di sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Herlang ( Hero lange-lange)
Secara umum dapat disebutkan bahwa keadaan alam kecamatan kajang terdiri atas dataran berbukit dan lembah-lembah yang subur untuk pertanian dan perkebunan, disamping kawasan hutan dengan hasil kayu, rotan, dan buah-buahan.
Penduduk yang berdiam dipesiair paling timur disekitar perairan Teluk Bone, mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan, baik sebagai pekerjaan pokok maupun sambilan. Hasil dari laut tersebut dipasarkan diluar kecamatan dan sebagian dijual dikajang sendiri.

No comments:

Post a Comment