Saturday, September 29, 2018

Paradigma dan Perannya dalam Membentuk Teori Perubahan Sosial

-------------------------------------------

(18+) ane mau share video panas terbaru klik DISINI tunggu 5 detik terus klik skip add alamat menonton.

---------------------------------------------------

Salah satu dari banyak hal yang sangat mempengaruhi dan membentuk suatu teori adalah apa yang dikenal dengan istilah paradigma (paradigm). Pada dasarnya tidak ada suatu pandangan atau teori sosial pun yang bersifat netral dan objektif, melainkan salah satunya bergantung pada paradigma yang dipergunakan. Namun sebelum melangkah lebih jauh, pertama-tama kita menjawab pertanyaan dasar: apa sesungguhnya yang dimaksud paradigma itu?

Paradigma secara sederhana dapat diartikan sebagai kacamata atau alat pandang. Namun, pengertian yang lebih akademis dapat dipahami dari beberapa pemikiran yang akan saya uraikan. Pada dasarnya, istilah paradigma menjadi sangat terkenal justru setelah Thomas Khun menulis karyanya yang berjudul the structure of scientific revolution. Dalam buku itu Khun menjelaskan tentang model bagaimana suatu aliran teori lahir dan berkembang.

Selain Khun, peneliti pemikir lain seperti Patton (1975) juga memberikan pengertian paradigma yang tidak jauh dengan apa yang didefinisikan oleh Khun, yakni sebagai " a world view, a general perspective, a way of breaking down the competitive of the real world" . Dengan demikian, dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa yang dimaksud paradigma adalah konstelasi teori, pertanyaan ,pendekatan, serta prosedur yang dipergunakan oleh suatu nilai dan tema pemikiran.

Meskipun penjelasan Khun sangat bermanfaat untuk memahami bagaimana paradigma mempengaruhi terciptanya teori, tapi penjelasan Khun tentang proses pergantian paradigma menurutnya berjalan secara revolusioner. Dengan kata lain, bergantinya suatu paradigma melalui pergantian, paradigma lama mati dan diganti oleh paradigma baru. Penjelasan mengenai pergantian paradigma ini sudah banyak dibantah orang. Dalam kenyataannya telah terjadi berbagai fenomena yang tidak dibayangkan oleh Khun dalam teorinya. Pertama telah terjadi pluralitas dan konvergensi teori. Khun berpendapat bahwa paradigma akan selalu menggantikan posisi paradigma lama, dan jika tidak, para ilmuwan tidak memiliki kerangka kerja yang mapan. Dalam ilmu alam, pandangan seperti ini memang terjadi. Namun, dalam ilmu sosial menunjukkan kecenderungan semakin menguatnya pertikaian antar paradigma, atau bahkan terjadi dialog antara dua paradigma atau lebih pada era yang sama. Marxisme misalnya, telah berkembang setelah berdialog dengan semakin canggihnya kapitalisme.

-------------------------------------------

(18+) ane mau share video panas terbaru klik DISINI tunggu 5 detik terus klik skip add alamat menonton.

---------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment